Pengajian Muslimatan


       

    
Seusai sholat Jumat tidak menjadikan ibu-ibu Desa Karang Panasan bermalas-malasan. Kegiatan pengajian rutin muslimatan merupakan wadah bagi para ibu-ibu Desa Karang Panasan untuk berkumpul dan bersua dalam lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Matahari yang terik tak menghalagi pengajian yang berlangsung pada jumat siang 04/01/2019.
            Kegiatan muslimatan diisi dengan rombongan ibu-ibu sekitar seratus orang yang hadir dari tiga dusun di Desa Karang panasan, meliputi: Panteh, Karang Tengan, dan Karang Anyar. Ditambah lagi dengan pemudi-pemudi KKN UTM yang sedang menetap di Desa Karang Panasan  Tidak jauh berbeda pada pengajian pada umumnya yang dilakukan secara rutin bersama-sama setiap hari jumat siang.
            Balai desa Karang Panasan Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan menjadi keputusan tempat berlangsungnya acara tersebut pada jumat minggu ini. Tempat dan cuaca tidak begitu menghalangi para jamaah yang aktif membacakan tahlil dan majemuk Burda di setiap Jumat ini.
            Rutinan ini di laksanakan dengan harapan bagi seluruh warga desa Karang Panasan, khususnya ibu-ibu bisa menjalin silaturahmi dengan baik setiap minggunya. Tidak lupa juga dengan urusan akhirat, mengirim doa kepada seluruh para leluhur yang sudah mendahului sebagai kewajibannya.
            Acara dibuka mulai dari pukul 01:00 siang dan dibuka oleh Ibu Nyai Panteh. Diawali dengan pengiriman wasilah-wasilah dan dilanjut dengan pembacaan tahlil. Sebagai agenda yang rutin tidak melupakan pembacaan Majemuk Burda yang seringkali disebut “Manaqib” diakhiri dengan doa dalam pimpinan secara bergantian dengan Ibu Nyai yang lain hingga pukul menjelang sore pukul 03:30. Kegiatan berjalan dengan lancar hingga salam penutup dihaturkan oleh pembawa acara. Akhir dari acara ditutup dengan arisan yang dimenangkan oleh Ibu Lini warga dusun Panteh yang rumahnya akan menjadi tempat selanjutnya pada kegiatan rutin ini. Acara berakhir dengan ramah tamah dan makan bersama.
x

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Desa Karang Panasan Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan

Doa dan Ikhtiar Akhir Tahun