BUSA LEKAT! (Sebuah Usaha untuk Lebih Dekat)


 Saat itu kala matahari berada pada puncaknya, mahasiswa/i KKN 67 UTM berinisiatif membersihkan masjid desa Karangpanasan yang terletak di dusun Panteh secara gotong royng. Hal ini didasari oleh keresahan para laki-laki usai melakukan sholat jumat berjamaah di masjid tersebut. Banyak dari mereka yang mengatakan bahwa tidak terlalu banyak orang-orang yang datang dan menempati kala sholat dilaksanakan sehingga debu-debu gampang masukk dan tidak segera dikeluarkan. “Kayaknya benar-benar perlu dibersihkan. Selain mengabdi pada masyarakat, lewat kegiatan ini kami semua bisa menjalin sillaturahmi dengan takmir dan warga sekitar dan kalau bukan kita yang membersihkan siapa lagi?” ujar Ronny selaku penggagas kegiatan Busa Lekat.
Kegiatan ini merupakan sarana bagi mahasiswa/i untuk mengabdi pada masyarakat. Sementara kegiatan yang dilakukan merupakan salah satu cara bagi kami untuk lebih mendekatkan diri pada masyarakat sekitar khususnya takmir masjid dan rumah-rumah sekitar yang berada dekat dengan masjid. Mengingat, tempatnya yang cukup jauh dari posko KKN dan jarak antar rumah satu dengan rumah yang lain juga cukup jauh, sehingga kegiatan ini seperti benar-benar memaknai sebuah peribahasa ‘sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui’. Sekali punya niatan untuk membersihkan masjid sekaligus bersosialisasi dengan takmir masjid dan warga sekitar.
Berawal dari usai sholat dhuhur, sampai menjelang ashar tepatnya tanggal 1/01/2019. Bermodalkan niat kami berangkat dengan semangat membara untuk membersihkan rumah Allah. Dengan menggunakan sendal sebagai kendaraan, kami berangkat dari posko ke masjid membawa segepok peralatan perang. Sampai di masjid kami langsung membagi tugas; ada yang bagian nyapu, mengepel lantai, membersihkan langit-langit, tempat wudhu, dan sebagainya.
Sebagai penutup kegiatan, Lailatul Hikmah sebagai bendahara desa menuturkan bahwa kegiatan ini harus dilakukan secara rutin. Sehingga orang-orang yang datang ke masjid bisa beribadah dengan khusyu’. Kegiatan Busa Lekat merupakan suatu usaha dari mahasiswa untuk lebih dekat; dekat dengan Sang Pencipta, dekat dengan sesama.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Desa Karang Panasan Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan

Pengajian Muslimatan

Doa dan Ikhtiar Akhir Tahun