SOSIALISASI PARENTING DI KARANG PANASAN


 
SOSIALISASI PARENTING
DI MTs NURUL ITTIHAD DESA KARANG PANASAN 


Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kata”Rokok dan Internet”. Pada hari Sabtu 27 Januari 2018,  Kami Mahasiswa UTM yang sedang mengabdi di desa Karang Panasan mengadakan kegiatan sosialisasi parenting berupa penyuluhan bahaya internet dan bahaya rokok. Sasaran kami pada siswa dan siswa MTs kelas 7 sampai kelas 9. Alasan kami mengambil siswa siswi MTs sebagai sasaran atau objek pada penyuluhan ini, karena remaja saat ini memiliki pergaulan yang bebas. Pergaulan bebas remaja saat ini didukung oleh perkembangan teknologi saat ini, sehingga mereka memiliki sikap sosial yang kurang baik.
Pada penyuluhan tentang bahaya Rokok, pemateri menjelaskan penyebab atau bahaya menggunakan rokok salah satunya yaitu: 1) Menyebabkan kanker, 2) Serangan jantung, 3) Impontensi dan gangguan kehamilan. Bahaya tersebut sudah banyak terjadi dikalangan masyarakat. Akan tetapi, masih banyak masyarakat mengkonsumsinya. Mengapa hal itu masih terjadi?. Karena, banyak masyarakat yang belum paham arti dari kesehatan meski mereka mengetahui bahaya yang akan dialami ketika mengkonsumsi Rokok. Rokok yang sering kali diidentikkan simbol kejantanan namun seiring waktu semakin menunjukkan kecenderungan bergeser untuk tidak lagi simbol siapapun atau jenis apapun.
Rokok telah menjadi kebutuhan yang relatif permanen dari pada sekedar trend sesaat. Di era yang global sekarang ini tidak hanya laki-laki akan tetapi perempuan juga sudah banyak yang menghirup isapan rokok setiap harinya. Kebiasaan yang tanpa disadari merupakan gejala sosial yang dapat memicu terbentuknya masalah sosial. Dengan hal ini, Mahasiswa mengimbau  bahwasannya kebiasaan merokok akan menjadi sesuatu yang dianggap biasa. Padahal merokok bukanlah suatu kegiatan yang baik. Coba kita lihat dari segi kesehatan, merokok sangat tidak dianjurkan bahkan dari kemasannyapun sudah jelas sekali efek samping yang akan terjadi pada perokok, namun mereka seolah tidak peduli, mereka cenderung mengabaikan kesehatan mereka sendiri.
Begitupun dengan bahaya internet. Internet memiliki dampak positif dan negatif. Internet memiliki banyak Dampak positif apabila masyarakat benar-benar menggunakan dengan sebaik mungkin. Dampak positif dari internet yaitu, internet dapat dijadikan sebagai media informasi, media komunikasi, media pembelajaran, serta hiburan dan lain-lain. Sedangkan dampak negatif adanya internet yaitu, masyarakat dapat menyalah gunakan internet sebagai tempat untuk menipu orang lain, jaringan internet juga disalah gunakan sebagai tempat untuk menonton hal-hal yang bersifat negatif seperti, pornografi dan lain-lain.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Desa Karang Panasan Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan