PENYULUHAN PERTANIAN DI DESA KARANG PANASAN



PENYULUHAN PERTANIAN
BERSAMA KELOMPOK TANI DI DESA KARANG PANASAN


Salah satu Program kerja mahasiswa KKN di desa Karang Panasan yaitu mengadakan suatu seminar mengenai penyuluhan pertanian. Penyuluhan pertanian merupakan upaya mahasiswa dalam rangka meningkatkan pengetahuan petani dalam mengelola sektor pertanian. Dari hal tersebut mereka mampu mengelola tanaman dengan baik dan mampu meningkatkan kualitas tanaman sehingga dapat meningkatkan perekonomian petani. Proker ini didukung oleh datangnya pemateri khusus dari bidang pertanian yaitu Bpk Mahmud, ST. 

Banyak kendala petani saat bertani, salah satunya yaitu adanya berbagai penyakit pada tanamannya. Kendala yang sering petani alami di daerah karang panasan yaitu adanya penyakit wereng pada tanaman mereka.
Hal ini dapat dinyatakan bahwa terdapat kekurangan dalam pengelolaan lahan pertanian. Kekurangan tersebut dapat dilihat dari faktor antara lain:

1.   Pengolahan tanah
Pengolahan tanah di sini terkadang sampai 3 kali pengolahan. Dalam mengolah tanah harus mengikuti aturan karena tanah membutuhkan oksigen.
2.  Benih
Benih ditaburkan 1-2 kali akan tetapi terkadang hasil produksi tidak maksimal jadi harus menabirkan lagi jadi penaburan 1 sampai 3 kali. Dalam menggunakan bibit harus memilih bibit yang unggul dan bersertifikat.
3.  Pemeliharan/pemupukan
Untuk pupuk urea bisa dikurangi jadi lebih baik menggunakan set A yang lebih lembut. Untuk pupuk hitam SP 36 dilakukan sebelum ditanam. Umur 18 sudah mulai tumbuh dan umur 25 hari kurang ideal jadi harus ditaburkan pupuk pada umur 18 samapi 25 hari sudah maksimal. Dan untuk pupuk yang ketiga dikasih saat ada yang rusak.


Petani sangat membutuhkan penyuluhan yang dapat memberikan informasi mengenai cara perbaikan lahan pertanian. Penyuluhan pertanian disini memberikan arahan dan pedoman yang seharusnya dilakukan oleh para petani sehingga nantinya masyarakat dapat menuai hasil yang cukup memuaskan, dengan modal sedikit tapi memiliki untung yang banyak dan kualitas baik. Dengan diadakan penyuluhan tersebut mahasiswa berharap para lebih memahami cara yang baik sehingga mengahasilkan kualitas yang baik bagi petani dan juga masyarakat.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Desa Karang Panasan Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan