KEMBANG JAKA


KEMBANG JAKA





Buah Rambutan
Bikin geregetan
Dari pada buang limbah tak beraturan
Lebih baik buat kerajinan
 


 Habis manis sepah dibuang. Sakit sekali. Nah biar tidak sakit kalau dibuang-buang yuk kita intip caranya limbah Jagung dan limbah Kacang biar menghasilkan nilai dan harga mahal tertunya barang juga berkualitas.
Di Desa Karang Panasan ini ,mayoritas petani dan saat ini kebanyakan para petani menanam Jagung dan Kacang dalam satu ladang. Mereka memiliki untung yang sedikit dari modal yang dikeluarkannya namun terkadang para petani tidak menuai panen dengan maksimal. Dan kulit Kacang dan kulit Jagung terbuang sia-sia. Hal tersebut memberikan kami pencerahan bahwasannya bagaimana sih agar limbah Jagung ini tidak dibuang begitu saja namun sebaliknya limbah Jagung dan limbah Kacang ini harus memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan hal itu kami berencana membuat kerajinan untuk wadah tisu, tempat alat tulis juga tempat barang-barang agar terlihat rapid an indah dipandang. 





Sore hari ketika kami mengajak siswa siswi MTs Nurul Ittihad mereka sangat antusias mengikuti latihan tersebut. Siswa siswi tersebut dibentuk 5 kelompok dan membuat tempat alat tulis dengan dihiasi limbah Jagung yang sudah diwarnai. Kami sangat senang melihat keharmonisan dan senyuman yang keluar dari raut wajah mereka. Harapan kami mereka para siswa siswi akan lebih mengembangkan kreatifitas dan bakat terpendam yang ada dengan adanya ajang pelatihan pembuatan kerajinan dari limbah Jagung dan limbah Kacang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Desa Karang Panasan Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan